Kamis, 14 November 2013

Pentingnya Memilih Jurusan di SNMPTN dengan Tepat


Problematika klasik siswa kelas 3 SMA/sederajat yang terjadi menjelang penerimaan mahasiswa baru adalah pemilihan jurusan. Banyak dari mereka yang salah memilih jurusan sehingga mengakibatkan kuliah tidak maksimal atau tidak melakukan daftar ulang meskipun diterima.

Akibat paling fatal dari kesalahan memilih jurusan di SNMPTN/SBMPTN atau Jalur lain adalah, kamu akan kuliah di bidang yang tidak sesuai minat dan keahlianmu. Hal tersebut bisa berakibat kuliahmu tidak maksimal.


Selain itu banyak kasus anak yang sadar bahwa dia salah milih jurusan di SNMPTN ketika dia sudah diterima. Sehingga melepas SNMPTNnya dan mengejar jurusan yang dia inginkan di jalur SBMPTN atau Jalur Mandiri. Padahal melepas SNMPTN dapat menyebabkan kemungkinan blacklist dari PTN yang dilepas tersebut terhadap sekolahmu.



Beberapa penyebab salah memilih jurusan di SNMPTN antara lain: 
1. Memang belum tau minatnya dimana
Banyak anak yang akhirnya ikut-ikutan jurusan yang dipilih temannya atau jurusan populer karena belum tau minatnya dimana

2. Memilih jurusan yang “katanya” prospek kerjanya bagus padahal dia tidak minat

Banyak anak yang setelah dicekoki oleh wejangan-wejangan dari tetangga, teman atau keluarga tentang prospek jurusan ini itu, menjadi ragu dengan jurusan yang sebelumnya dia pilih. Tau kerja apa saja setelah lulus itu adalah keharusan, tapi memikirkan prospek kerjanya seperti apa, itu belum waktunya, karena dinamika politik, sosial, ekonomi dan teknologi akan selalu berubah setiap saat.

3. Memilih jurusan yang peluang diterimanya besar/pesaingnya sedikit padahal dia tidak minat

Banyak anak yang memilih jurusan yang sepi peminat dengan alasan agar diterima di suatu PTN tertentu. Padahal lebih penting kamu kuliah di jurusan sesuai dengan minatmu daripada di perguruan tinggi yang bonafide. Prioritas utama adalah jurusannya sesuai, lalu prioritas kedua adalah Perguruan Tingginya.

4. Paksaan orang tua

Dalam beberapa kasus ada orang tua yang menginginkan anaknya kuliah di jurusan tertentu, dan si anak tidak mengkomunikasikan perbedaan kehendak tersebut dengan baik sehingga terpaksa memilih jurusan di SNMPTN sesuai keinginan orang tua

Penting sekiranya untuk mencari tau, memantapkan hati dan mengkomunikasikan dengan orang-orang terdekat kita agar kita tidak salah pilih jurusan di SNMPTN 2014 ini.

0 komentar:

Posting Komentar